Tuesday 20 December 2016

Bedah Minimal Invasif Artroskopi pada Lutut

Posted by Bundamedik Healthcare System | 08:12 Categories:
Artroskopi (bedah mikro) melibatkan pemeriksaan bagian dalam lutut Anda menggunakan teleskop yang dimasukkan melalui sayatan kecil yang dibuat pada kulit Anda. Dokter bedah Anda akan dapat menangani masalah yang terdeteksi selama pemeriksaan tersebut menggunakan instrumen bedah khusus. Artroskopi direkomendasikan untuk permasalahan pada lutut, seperti:
  • sobekan meniscus: meniscus adalah bantalan sendi lutut yang mengapit tulang pembentuk lutut. Pembedahan dilakukan untuk memperbaiki atau mengangkat jaringan tersebut
  • sobekan atau kerusakan pada anterior cruciate ligament (ACL) atau posterior cruciate ligament (PCL)
  • pembengkakan (peradangan) atau kerusakan lapisan persendian. Lapisan ini disebut synovium
  • dislokasi tulang lutut (patella)
  • pecahan tulang rawan yang tersangkut di persendian
  • pengangkatan Baker’s cyst. Pembengkakan di belakang lutut ini diisi oleh cairan. Terkadang masalah muncul saat pembengkakan dan rasa nyeri akibat peradangan disebabkan oleh gangguan lain, sperti arthritis
  • retak tulang lutut

Jika cakupan pekerjaan Anda meliputi pekerjaan kasar, mungkin akan dibutuhkan waktu lama dalam proses pemulihan sebelum Anda dapat kembali bekerja. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai kapan waktu yang tepat untuk Anda kembali bekerja.

Hasil prosedur akan dapat dipastikan dari tingkat kerusakan lutut Anda. Contohnya, jika tulang rawan artikular dalam lutut Anda aus sepenuhnya, peluang untuk pemulihan total akan tidak memungkinkan. Anda mungkin harus mengubah pola hidup Anda dan membatasi aktivitas sehari-hari dan mencari alternatif olahraga ringan yang tidak akan membuat cedera kambuh di kemudian hari.

Masalah pada persendian dapat didiagnosis menggunakan tes medis lain, seperti CT dan CT Scan. Namun, Anda mungkin akan membutuhkan artroskopi untuk menangani masalah tersebut.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum artroskopi lutut?
Prosedur ini dilakukan setelah Anda diberikan anestesi, lokal atau total. Anda akan diberikan instruksi lengkap mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan menjelang prosedur, termasuk apakah Anda dapat mengonsumsi makanan tertentu beberapa jam sebelum pembedahan. Umumnya, Anda akan diminta untuk berpuasa makan 6 jam sebelum artroskopi. Anda akan diperbolehkan untuk meminum cairan, seperti kopi, sampai beberapa jam sebelum prosedur.

Bagaimana proses artroskopi lutut?
Prosedur pembedahan berlangsung sekitar 30 – 45 menit.
Dokter bedah akan memeriksa persendian. Kemudian, dokter akan membilas jaringan yang kendur akibat persendian aus. Sangat mungkin bagi dokter bedah Anda untuk memotong atau memperbaiki sobekan tulang rawan tanpa harus membuat irisan besar.

Apa yang harus dilakukan setelah artroskopi lutut?
Anda dapat langsung kembali ke rumah setelah menjalani pembedahan. Jika terjadi pembengkakan kecil pascaoperasi, ini adalah hal yang umum untuk beberapa minggu ke depan. Berjalan akan sedikit terasa tidak nyaman.

Olahraga rutin akan membantu Anda mengembalikan kekuatan Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sebelum memulai, minta saran kepada tim dokter seputar olahraga yang cocok untuk Anda.

Kebanyakan orang pada umumnya akan mengalami peningkatan signifikan dan cepat kembali ke rutinitas normal. Dokter Anda akan dapat mengetahui jika Anda berpeluang memiliki masalah lebih lanjut pada lutut Anda.

Komplikasi dari artroskopi lutut
  • kerusakan saraf lutut
  • timbul benjolan di bawah luka bedah
  • infeksi pada persendian lututrasa sakit amat sangat, lengan kaku, dan kehilangan kontrol lutut Anda (complex regional pain syndrome).
















0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube