Wednesday 21 March 2018


Pasien dari mancanegara mulai percaya dan melirik sejumlah rumah sakit di Tanah Air untuk berobat.  "Sekarang, sudah banyak pasien dari luar negeri yang datang ke Tanah Air. Kemarin, pasien dari India dan Belanda ke sini," ujar Direktur Pengembangan Produk dan Teknologi PT Bundamedik, Dr. Ivan R Sini. 

Selama ini, sambung dia, masyarakat lebih percaya dengan rumah sakit di luar negeri terutama di Malaysia dan Singapura. "Sekian ratus juta dolar AS dibawa masyarakat Indonesia ke luar negeri. Itu yang harus kita tarik kembali," tambah Dr. Ivan yang juga dokter di Rumah Sakit Bunda. 

Beberapa upaya yang dilakukan untuk menggaet pasien dari luar negeri dengan melakukan inovasi dan menerapkan teknologi mutakhir. "Kualitas tenaga kesehatan kita tidak kalah dengan luar negeri. Masyarakat Indonesia hendaknya memilih berobat di negeri sendiri karena kemampuan tenaga medis dan teknologinya tidak kalah dengan luar negeri serta biaya yang dikeluarkan pun sedikit," imbuh dia. 

Rumah Sakit Bunda juga telah menerapkan bedah robotik. Bedah robotik adalah pembedahan yang menggunakan teknologi tangan robot, yang menjadi kepanjangan tangan dokter bedah. Luka dari tindakan bedah robotik ini juga sangat kecil. Alat-alat canggih tersebut dioperasikan oleh dokter bedah, bukan oleh robot. Operasi yang bisa dilakukan dengan bantuan robot ini adalah operasi prostat, operasi kista endometriosis, mioma, angkat rahim, kanker rahim, dan pembedahan usus.
























0 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube